Games

Home » » HOUTU (BUNDA BUMI)

HOUTU (BUNDA BUMI)

Written By Unknown on Jumat, 16 Januari 2015 | 08.06



HOUTU (BUNDA BUMI)


HOUTU adalah penguasa tertinggi dibumi dan segala isinya, kedudukan beliau adalah berbalik dengan Shangdi ( Kaisar Langit), HOUTU membawahi ribuan dewata bumi, dewa gunung, dewa air/sungai dll, cerita tentang HOUTU sangat jarang didengar karena itu pemujaannya juga lebih sedikit daripada YU HUANG SHANG DI.
Dalam buku Chinese of Mytology di ceritakan bahwa pemujaan HOUTU sudah dilakukan sejak dynasty sui, dimana penampakan rupang HOUTU adalah seorang perempuan biasanya mengendong anak/bayi kecil, kadang juga ditampilkan sebagai seorang perempuan membawa pak wa tao kaki terangkat satu dan satunya menginjak bola dunia, sedikit cerita mengenai HOUTU dapat kita baca di dalam kitab Ji Shen Lu,

menceritakan seorang bernama Cui Wan’an ialah seorang pejabat kementrian pertanian diwilayah Jiangnan, ketiga bertugas di Guangling tiba-tiba jatuh sakit, istrinya berdoa di kelenteng ibu bumi dan memohon pertolongan. Malam itu Wan’an bermimpi bertemu seorang wanita rupawan berpakaian indah, wanita itu berkata penyakit wan’an dapat disembuhkan dengan resep yang ia berikan, setelah meramu obat berdasarkan resep tersebut wan’an sembuh total.


Sejak dynasty tang rupang houtu yang dilukiskan sebagai wanita oleh rakyat umum sering disebut sebagai Houtu Niang Niang. Pemberian sosok wanita disini  dikarenakan para ahli berpendapat bahwa langit adalah yang dan bumi adalah yin, sejak itu Houtu lebih sering ditampilkan sebagai wanita yang dihormati sebagai Dimu Zhizun atau dalam Taoisme disebut Dimu Yuanjun.

Related Post :
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. 3 DHARMA - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modified by Andreas
Proudly powered by Blogger